Zat Gizi Ternyata Penting untuk Pertumbuhan Bayi dan Janin

85 views

Janin di dalam perut ibu terus mengalami pertumbuhan hingga menjadi bayi dan siap untuk dilahirkan. Dalam masa perkembangannya tersebut janin membutuhkan zat gizi tertentu dalam jumlah cukup banyak yang ia dapatkan dari plasenta. Untuk itu makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat penting untuk memberikan zat gizi sesuai kebutuhan janin untuk berkembang. Ada banyak zat gizi penting yang dibutuhkan oleh janin dan juga ibu hamil dimana semua itu harus dipenuhi melalui makanan ataupun suplemen pendukung. Berikut ini adalah beberapa zat gizi yang dibutuhkan dan manfaatnya untuk perkembangan janin:

  1. Zat besi.

Zat besi menjadi suplemen yang paling penting untuk dijaga asupannya baik untuk ibu maupun untuk janin. Dengan zat gizi yang cukup, akan bermanfaat untuk menguatkan kandungan sehingga bisa menopang janin hingga menjadi bayi dan siap dilahirkan. Begitu juga dengan janin, dengan zat besi yang cukup, akan bermanfaat untuk pembentukan sel darah yang dibutuhkan untuk metabolisme maupun pembentukan jaringan baru. Kekurangan zat besi juga akan menyebabkan ibu menderita anemia yang tidak baik untuk kesehatannya secara global. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia ini menjadikan zat besi sebagai suplemen utama saat kehamilan.

  1. DHA.

Dha merupakan asam lemak yang memiliki peranan penting dalam perkembangan otak janin. DHA yang cukup akan membantu produksi sel otak yang lebih reaktif. Dengan sel otak yang lebih reaktif, anak akan tumbuh dengan lebih cerdas dan tanggap. Kebutuhan akan dha bisa dipenuhi dari makanan terutama hidangan laut atau bisa juga dari susu ibu hamil yang mengandung dha. Peran dha untuk kecerdasan otak anak ini menjadikan banyak sediaan susu ibu hamil dan susu balita menambahkannya sebagai salah satu komposisi yang menunjang.

Selain 2 zat gizi di atas, masih banyak lagi zat gizi yang juga dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin seperti asam folat, vitamin b komplek, vitamin C, vitamin D dan kalsium. Untuk memenuhinya, ibu hamil harus makan dengan makanan yang beragam dan jika perlu mengkonsumsi suplemen atau susu pendamping.

 

Leave a reply "Zat Gizi Ternyata Penting untuk Pertumbuhan Bayi dan Janin"